Kamis, 06 Desember 2012

pelatihan mendongeng di perpustakaan umum kota Malang


Pelatihan Mendongeng Sehari pola 7 Jam
oleh Perpustakaan Umum Kota Malang pada 5 Desember 2012 pukul 16:52 ·
KPAD, 05/12/12
Pelatihan mendongeng dan bercerita bagi anak yang diikuti 48 peserta di Perpustakaan Umum Kota Malang terbilang sukses dan mendapat apresiasi dari peserta, karena pada kenyataannya dunia dongeng merupakan dunia yang menakjubkan terutama bagi anak-anak, transfer nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah dongengan dapat lebih mudah dimengerti. Sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui teknik mendongeng yang baik, sehingga harapan positif dari kegiatan mendongeng menjadi sia-sia bahkan membosankan.

Kak Azis, sebagai salah satu pemateri dalam pelatihan ini menyampaikan ke peserta bahwa semua orang bisa menjadi pendongeng yang baik, terutama bagi kalangan pendidik baik di pendidikan formal maupun non formal. Mendongeng merupakan keterampilan berbahasa lisan yang bersifat produktif yang menjadi bagian dari keterampilan berbicara, jadi tidak ada alasan seorang guru tidak bisa mendongeng. Mendongeng dapat dijadikan media dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Sekaligus dalam kesempatan tersebut Kak Azis menampilkan kelihaiannya menirukan berbagai suara disertai bahasa tubuh yang sangat digemari anak-anak, ada suara alam, suara binatang ada suara orang terkejut, marah senang, tertawa dan masih banyak lagi atraksi yang disajikan. Benar-benar membuat tertegun para guru PAUD dan TK meski mereka setiap hari berhadapan dengan anak-anak. Kak Azis juga menyampaikan bahwa dunia anak-anak adalah dunia imajinasi, maka ketika mendongeng di depan anak-anak harus percaya diri, mampu menguasai imajinasi anak-anak, dan mampu improvisasi ketika ada anak yang tidak bisa diam mengganggu teman lainnya.

Selain Kak Azis pendongeng dari Kota Malang, didaulat pula pendongeng Nasional lainnya, yaitu Kak Nitnit dari Surabaya yang sama-sama memiliki jam terbang tinggi seperti Kak Azis. Banyak tip dan trik yang disampaikan oleh Kak Nitnit, baik berdasarkan pengalaman maupun kajian psikologi anak. Jebolan Piskolog dari Perguruan Tinggi Surabaya itu tak lupa memberikan teknik bagaimana meredam anak rewel ketika mendengarkan dongeng, anak introvet atau pendiam untuk dapat aktif.

Terakhir, yang paling menarik adalah praktika mendongeng yang dipandu oleh Bunda Bofa Dewi, pendongeng dari Perpustakaan Umum Kota Malang yang sehari-harinya melayani di ruang baca ramah dan layak anak. Diawali dengan senam anti kantuk, menyanyikan lagu ciptaan Bunda Bofa dan terakhir penampilan dari peserta untuk menunjukkan kemampuan dongengnya. Sebuah kalimat yang patut dijadikan catatan dalam mendongeng anak adalah tulus, kreatif, imajinatif, sabar dan telaten.
Figure 1
Mendongeng dengan alat bantu boneka harus diasah latihannya
Dalam mendongeng yang paling utama adalah take action
Dunia anak adalah dunia gembira dan bermain
Tugas mendongeng sudah menanti di pundak mereka

Berita ini dapat diakses juga dalam blog kami : http://malangpubliclibrary.blogspot.com
Top of Form
Batal Suka ·  · Bagikan
Bottom of Form

Tidak ada komentar:

Posting Komentar